Monday, October 24, 2011

A Little Thief

Tadi malam, sepulang dari wisata kuliner di Rawamangun, diatas metromini 03, waktu kita lagi santai-santainya duduk sampe terkantuk-kantuk, disekitar Rawa Selatan naiklah seorang pemuda tanggung, bertindik dan bertato di tangannya. Kirain salah satu penumpang juga, soalnya sampe lari-larian gitu ngejar metromininya..eeeeh begitu naik malah bilang dengan lantang:
"Selamat Malam Bapak, Ibu, Mas, Mbak dan Kakak sekalian, maaf sebelumnya kalau kami menggangu perjalanan Anda. Kami disini mencari makan, Pak, Bu, kami lapar. Mungkin Bapak dan Ibu tidak tau bagaimana rasanya kelaparan, tapi sakit Pak, Bu rasanya. Pak, Bu, satu nusa satu bangsa, sudah sepantasnyalah kita saling menolong, ya Pak, Bu, kami memang anak jalanan, tapi daripada kami mencuri, daripada jadi maling, lebih baik kami meminta, Pak, Bu. Tolonglah Pak, Bu, buat makan, sedikit saja recehan dari Anda, Pak, Bu, tidak akan membuat Anda miskin Pak, Bu. Hanya sedikit saja dari sisa uang Anda semua, Pak, Bu."


Habis itu dia mintain ke kita, satu-satu, kalau ada yang ngasi, dia langsung pindah ke penumpang lain. Tapi kalo gak dikasi, langsung dah, ngedumel, "masa uang recehan aja gak punya sih? pelit banget." 

Pas nyampe di temen gue (cewek dan ada suaminya disebelahnya, dia pake kerudung), "Bu Haji, minta duitnya dong, masa recehan aja gak ada, pelit banget sih?" tapi temen gue gak  bergeming. Trus pindahlah ke gue, tangan dia udah nyenggol-nyenggol tangan gue, sambil minta, "mbak, tolong dong mbak, masa gak ngasi sih, buat apa pake kerudung?". Whaaattt???? Maksud lu apaaaa????


Walaupun kesel, gue diem aja, kalau nggak, udah gue piting dah tuh orang...aaarrghh!! Dan dia bergerak ke penumpang lain dibelakang gue, masih dengan kalimat yang sama, "ini gimana sih, pake kerudung tapi gak ngasi, pelit banget". Tambah panas gue....sompret nih orang, belum pernah gue suruh nyuci metromini apa ya??

Gue gak terlalu peduli abis itu dia ngomong apa, soalnya gue sibuk nahan amarah gue, tiba-tiba ada suara teriakan gitu, trus mobil ngerem mendadak, pas gue ngeliat kebelakang, tuh orang udah turun dan ada salah satu penumpang cowok yang mau ngejar.

"Udah dikasi masih aja ngomel-ngomel. Kurang ajar!!" Kata cowok itu. Si keneknya udah mau ngejer juga, tapi sopirnya gak berhentiin mobil, takut rusuh mungkin. Lagian itu daerah preman juga. 

Gak lama metromini yang kita tumpangin nyampe lah dengan selamat di tujuan, aah..Alhamdulillaaah...lega bangeett...

Kata temen gue yang waktu itu duduk dibelakang, cowok yang mau ngejar itu udah ngasi uang ke si pemalak itu, tapi si pemalak masiiiih aja ngeyel, sambil ngomong, 'gitar aja keren, tapi ngasinya dikit'. Kampret!! Udah untung dikasi, masiiih aja ngomel, cerewetnya udah ngalahin ibu-ibu nawar belanjaan.

Aahhh....masih sebeeeelll...pemalakan kayak gini tuh, udah ngetren di metromini-metromini rute Senen sampe ITC Cempaka Mas. Dengan dialog pemalakan yang sama, menjual citra anak jalanan dan kelaparan yang kayaknya semakin hari semakin banyak aja (jumlah anak jalanan + orang-orang yang kelaparan). 

Bukan gak bernurani dengan tidak memberikan apa yang mereka minta, walaupun hanya sekedar uang recehan, tapi cara mereka meminta kadang lebih menyinggung perasaan, mau minta kok gak bisa ngomong dengan halus atau lebih baik, kalo dengan tutur kata yang sopan kan kita juga ikhlas ngasinya, lah kalo pake kata-kata mengundang amarah seperti itu, apa gak jadi jengkel? Lagian, selama beberapa kali bertemu dengan orang-orang seperti itu, rata-rata mereka berbadan sehat dan kuat, masih mampu lah untuk kerja, walaupun cuma jadi pengamen atau pedagang asongan, bukankah itu jauuuhhh lebih halal, daripada meminta di bis-bis dengan cara memaksa?

Dan kata-kata mereka, 'kami kelaparan, perut kami sakit menahan lapar. Bapak dan Ibu yang berkerja setiap hari dan mendapatkan gaji tetap, tidak akan pernah merasakan kelaparan seperti kami. '. Kata siapa??? Walaupun gak hidup dijalanan, walaupun Alhamdulillah punya pekerjaan, bukan berarti kami tidak tau bagaimana rasanya lapar, kedinginan, dan tidak dihiraukan. 

Menjadi anak jalanan memang bukan suatu pilihan, siapa sih yang mau? Tapi adalah suatu pilihan untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik kan? Gak semua anak jalanan itu berlaku atau bertutur tidak baik. Gue pernah kenal dan berteman dengan anak jalanan, mereka mau merubah hidup mereka, dan gak mau berakhir di jalanan. Mereka bekerja, mesti cuma jadi kuli bangunan, tapi itu halal. 

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

See??

Aah...dan sampe sekarang, gue masih kebanyang sama perkataan orang itu, 'buat apa pake kerudung?'.  Biar keren!! Puasss!! Aarrrgggghh........!!! (>_<)

Huuuff....*tarik nafas*...sabaaar...sabaaaarr....orang sabar pantatnya lebar....heheheheheehe


Yak. Sekian dulu. Have a nice day everyone. Semoga selalu diberkahi Allah...Amiin ^_^

No comments:

Post a Comment